VIA RENATA DESTINASI TEPAT LIBURAN KELUARGA

Suami saya, a.k.a PKK, a.k.a Pak Kunkun itu enam bersaudara. Masing-masing sudah beranak-pinak dengan jumlah nyaris seragam: 3 - 4 anak, kecuali si pangais bungsu, anaknya baru dua (baru ya... hehehe...). Yes, kami memang keluarga besar.

Jarang sekali kami bisa berkumpul dengan formasi lengkap, selain Idul Fitri. Disamping tinggal kami yang berjauhan, juga kesibukan masing-masing keluarga yang cukup sulit diseragamkan. Saat kami berkumpul Lebaran kemarin, tercetus rencana menghabiskan liburan akhir tahun bersama-sama. Tujuan kami adalah daerah puncak. Adik ipar merekomendasikan satu tempat yang (katanya) cocok untuk liburan keluarga.

Rupanya keluarga besar adik ipar sudah sering menggunakan tempat tersebut, sebagai tujuan liburan keluarga. Memang apa istimewanya ya?

PERJALANAN MENUJU PUNCAK

Sabtu, tanggal 26 Desember saya dan keluarga berangkat dari Bintaro (sehari sebelumnya kami menginap dulu di Bintaro karena ada keperluan) sekitar pukul 06.00 WIB. Saya mampir sebentar ke pasar modern, untuk berbelanja bahan-bahan seblak ceker (kebagian tugas masak seblak ceker).

Start dari pasar modern sekitar jam 06.20 WIB. Jalan tol lingkar luar sampai jagorawi kita lewati dengan mulus. Mendekati pintu tol Ciawi kondisi mulai padat merayap. Begitu keluar pintu tol Ciawi kondisi mulai mengenaskan: padat tersendat. Tapi, demi rencana liburan keluarga, kami jalani saja dengan ceria.

Di tengah kemacetan pemandangan pedagang asongan sudah biasa, tapi melihat abang-abang penjual bakso dan siomay hilir mudik dengan gerobak dan tanggungannya di antara mobil-mobil yang Ssedang antre, agak geli juga.

Memangnya ada ya, yang nekat jajan bakso gitu dengan si mamang nongkrong sebelah mobil. Terus kalau mobilnya jalan, si mamang pasrah ngikutin mobil, terus kalau kondisi tiba-tiba lancar, si mamang berdiri bengong sambil mikir: mangkok-mangkok baso gue gimanaaa... *hihihi... terlalu jauh mikirnya*. Lumayan, bisa jadi hiburan. Anak-anak juga ketawa-ketawa aja, jadi nggak bete.

Untunglah kemacetan itu nggak lama, selebihnya perjalanan cukup lancar. Kami sempat berhenti sejenak di kawasan puncak pass. Sambil menikmati kopi susu panas, saya disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan mata, dan atraksi paralayang. Hmmm... jadi pengen nyoba, deh.

Ketika melihat kendaraan mulai padat dijalur puncak, kami memutuskan melanjutkan perjalanan. Dari Puncak Pass ke tempat tujuan ternyata tidak memakan waktu lama. Sekitar lima belas menit kami sampai di kawasan Cimacan.

VIA RENATA

sumber : kolpri

Itulah nama tempat tujuan liburan keluarga besar kami. Letaknya di pinggir jalan, dengan plang nama besar, tempat ini mudah sekali ditemukan.

Rombongan ibu mertua dan kakak ipar dari Bandung sudah tiba terlebih dulu, hanya saja vila yang akan kami tempati belum siap, karena penyewa sebelumnya baru saja check out. Sementara menunggu, kami duduk-duduk di tepi kolam renang sambil mengawasi anak-anak yang sudah nggak sabar lagi pengen nyebur ke air.

Pelayanan yang sigap membuat kami tak perlu menunggu lama. Setelah vila siap, rombongan kami pun dipersilakan menempati vila.

Saya sangat surprais dengan kondisi vila yang kami tempati. Kami menempati vila no 19. Vila dua lantai dengan fasilitas 5 kamar tidur dengan kamar mandi di setiap kamar plus fasilitas air dingin dan air panas, dapur lengkap dengan peralatannya dan kulkas, serta dua ruang keluarga. Tempatnya nyaman, seperti di rumah sendiri, harga sewanya menurut saya cukup terjangkau.

FASILITAS DI AREA RESORT

Sesungguhnya di Via Renata ini juga tersedia hotel dengan fasilitas kamar standar. Areanya sangat luas, mencakup berbagai fasilitas outdoor dan indoor. Konsep yang ditawarkan tentu saja mountain resort, dengan pemandangan indah pegunungan yang menyejukkan mata di sekelilingnya.

Kolam Renang

Selama ada kolam renang, anak-anak pasti happy. Letak resort ini sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Suhu di tempat ini cocok sekali, untuk membawa anak-anak bahkan bayi dan balita, karena nggak terlalu dingin. Berenang di air dingin pun nggak jadi masalah untuk anak-anak.

Dan nggak tanggung-tanggung, resort ini menyediakan tiga kolam renang dengan ukuran yang cukup besar. Semua kolam renang ini menyediakan fasilitas kolam mini untuk anak-anak. Hanya saja, anak-anak harus dalam pengawasan orang dewasa, karena nggak ada pengawas khusus kolam renang.

Kolam Pancing

Untuk bapak-bapak dan anak-anak yang gemar memancing, bisa nih iseng-iseng memancing di sini. Ikan yang didapat akan dihargai per kilogram dan bisa dibawa untuk jadi lauk makan siang atau makan malam.

Fasilitas Olah Raga

Kadang-kadang liburan menjadi excuse untuk libur juga sejenak dari olah raga. Tapi, bagi yang disiplin resort ini menyediakan berbagai fasilitas olah raga yang cukup lengkap.

Untuk yang suka keringetan di udara terbuka, ada lapangan basket dan voli, tenis. Ada juga fasilitas indoor untuk futsal, badminton, tenis meja, fitness center, futsal, dan billiard.

Masing-masing tempat ada biaya sewanya atau sewa bola istilahnya. Harganya nggak mahal kok, berkisar IDR 5000,- untuk koin billiard, dan sewa bola/lapangan IDR 10.000,- per jamnya.

Outbond

Bagi penggemar kegiatan alam, Via Renata mefasilitasi dengan menyediakan paket outbond seharga IDR 75.000 / pax. Terdiri dari 4 permainan: panjat dinding, flying fox, berjalan di atas papan, dan berjalan di atas tali.

Selain itu disediakan juga api unggun ground untuk acara bakar-bakaran (jagung, sosis, marsmallow). Ih, kok seruuu yaaa...

Children Playground

Nah, ini yang paling saya suka. Fasilitas ini ada di setiap sudut. Jadi, kalau bocah-bocah bosan berenang, mereka bisa main di sini sepuasnya. Mama happy karena bocah anteng, jadi terhindar dari drama.

Taman Organic

Ini yang lupa saya kunjungi, karena letaknya walau dekat dengan pintu masuk ke resort tapi jauh dari lokasi vila. Pas mau pulang baru ingat, yaaah... belum sempat masuk ke dalamnya. Next visit aja ya...

Business Center

Di gedung ini terdapat satu ruangan mini theater, ruangannya cukup luas dengan empak kali jam tayang film setiap harinya. Film-film yang diputar pun berbeda-beda. Selain itu, tersedia juga tiga ruangan karaoke, dua ruangan yang kecil dan satu yang luas sekali seperti untuk karaoke rombongan sekantor... hehehe...

Conference Room / Meeting Room

Selain menjadi liburan keluarga, Via Renata juga menjadi destinasi untuk acara-acara kantor, seperti rapat atau gathering. Resort ini menyediakan Conference Room/ Meeting Room yang dilengkapi dengan sound system, wireless mic, whiteboard, slide projector, mic table, dan LCD projector.

Secara keseluruhan Via Renata bagus banget deh, fasilitas lengkap dengan harga terjangkau, mau cari ke mana lagi? Tapi, dengan segala kebaikan itu, tentu saja Via Renata high demand ya, nggak peak season seperti sekarang saja alias week end biasa booking harus jauh-jauh hari.

contekan harga Via Renata untuk tahun 2016

Pokoknya saya sih merekomendasikan banget tempat ini sebagai pilihan tempat liburan keluarga. Untuk yang mau short stay dan "mageran" tempat ini cocok karena fasilitas internalnya yang cukup lengkap. Yang stay agak lamaan juga makin asyik, resort ini lokasinya strategis kok, dekat ke tempat-tempat wisata di kawasan puncak, dan dekat juga dengan Cipanas.