DI BALIK DAPUR BLOG WWW.INAINONGINA.COM



Sebetulnya, waktu saya mau mulai ngeblog lagi, ada rasa ragu dan kurang percaya diri. Masalahnya, walau merasa kemampuan menulis belum berkurang, tapi di dasar sanubari ada perasaan tertinggal dari teman-teman penulis seangkatan, yang lebih dulu terjun ke dunia blogging. Melihat pencapaian dan prestasi mereka, sungguh diam-diam membuat saya minder. Tetapi rasa penasaran mengalahkan semua perasaan itu, akhirnya setapak demi setapak saya jalani dunia blogging ini. Dan ternyata semakin jauh malah semakin menarik dan menantang. Apalagi ketika blog mulai mendatangkan rejeki, jujur aja pencapaian yang diikuti materi bikin saya makin betah.

Awal terjun ngeblog perangkat kerja saya nggak canggih-canggih amat kok. Suami sempat menyarankan untuk menggunakan notebook dengan processor dari intel. Variannya tinggal pilih, apakah Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor karena performanya pasti lebih unggul dari jenis processor yang lain. Pengaruhnya tentu saja pada kecepatan pengolahan data sehingga mengerjakan postingan blog menjadi lebih cepat. Ya, beliin dong, Pak! 😁

Belakangan ini, yang banyak dicari oleh pengguna notebook adalah intel core processor generasi keenam, karena banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:



Dalam bidang apa pun, jika ingin mencapai hasil yang memuaskan tentu saja harus dibarengi dengan ikhtiar, kerja keras dan usaha menambah pengetahuan yang berkaitan dengan bidang tersebut, setuju?

Begitu juga dengan blogging ini. Awal terjun ngeblog saya nggak pakai parasut yang memadai, akibatnya saya jatuh bebas dan akhirnya terjerembab. Dengan kata lain, blog saya seperti blog gagal karena sepi pengunjung. Kemudian saya pelajari kembali letak kekurangan dari blog saya ini. Dan akhirnya (juga berkat masukan dari teman-teman blogger), saya paham letak kekurangan blog saya.

CONTENT IS THE KING

Jargon ini populer banget kan di kancah perblogan. Artinya? mau sekeren apa pun atau secanggih apa pun tampilan template blog, kalau isinya kacau, ya nggak ada artinya. Jadi bagaimana dong membuat konten blog menjadi menarik? Nggak ada cara lain selain terus belajar. Berikut ini saya share tips sederhana untuk memperbaiki konten blog, berdasarkan pengalaman pribadi sebagai blogger pemula 😁


Sssst... jangan bilang-bilang ya, saya hobi lho ngintipin blog-blog bagus. Yang gimana sih blog bagus itu? Kalau menurut versi saya, blog yang templatenya ramah mata, gaya tulisannya rapi dan mengalir, langganan juara lomba, ramai trafiknya, yang sering nulis sponsored post tapi dengan gaya nggak "ngiklan" banget. Nah, dari blog-blog seperti itulah saya banyak belajar.

Sesekali kalau lagi ada rejeki dan waktunya pas, saya ikut pelatihan berbayar. Sebetulnya pelatihan blogging gratisan juga banyak, saya suka manfaatkan juga untuk menambah pengetahuan. Yang terakhir tapi cukup memegang peranan penting, tentu saja tools penunjang konten blog, seperti foto editor, video editor, desain grafis, animasi, slider, dan lain-lain. Karena tools dan teknologi ini cepat sekali berubah, mau nggak mau harus ikutan lari-lari, walau napas ngos-ngosan tapi demi konten blog yang cakep ya dijalani aja. Untungnya sekarang banyak blogger dermawan yang membagi ilmunya dengan membuat blog tutorial. Jangan malas mencari, segala macam tutorial ada di internet, tinggal googling aja.

MENGOLAH RESEP DI DAPUR INA INONG

Semua pengetahuan yang saya peroleh sedikit demi sedikit itu, saya anggap sebagai resep. Sambil jalan ngeblog saya praktekan langsung resep-resep itu. Nah, resep apa aja yang dipakai untuk menciptakan konten yang menarik ala Ina Inong? Silakan klak-klik di slide berikut ini.




Usaha apa lagi yang saya lakukan supaya blog bikin betah pengunjung? Jujur aja usahanya cukup lumayan bikin lelah lho, tapi dengan meningkatnya jumlah trafik pengunjung setiap bulan, capeknya jadi terbayar dan makin penasaran pengen terus meningkatkan kualitas konten blog. Yaaa... walau sekarang pun blog saya ini belum extravaganza banget, tapi saya cukup puas dan bangga dengan transformasinya dibanding blog saya jaman pra-sejarah dulu.

MAKE-OVER BLOG


1. TEMPLATE BLOG

Saya suka banget jatuh cinta pada pandangan pertama, karena bikin terkenang terus. Sama seperti line iklan deodoran yang hits itu "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda". Nah, filosofi itu saya terapkan pada template. Saya suka yang clean-look dan simpel, jadi saya terapkan nuansa hitam-putih dengan sentuhan warna pink sebagai aksen. Harapannya sih pengunjung blog saya nggak sakit mata dan betah berlama-lama di blog saya.


2. FOTO

Dulu saya nggak terlalu memperhatikan foto, asal jepret terus pasang deh di blog. Sekarang malu hati juga kalau di blog pasang foto dengan kualitas yang rendah. Nah, walau hanya berbekal kamera handphone aja, saya lagi mengasah keterampilan mengambil foto. Beberapa kali berhasil mengambil angle yang bagus, tapi, masih belum konsisten, untuk itu saya masih harus terus belajar.




3. FOTO EDITING DAN INFOGRAFIS

Kebisaan saya juga belum canggih banget, untuk keperluan dua hal ini saya pakai aplikasi sederhana seperti Canva. Aplikasi ini mudah dipelajari, makanya cocok buat emak-emak blogger gaptekan seperti saya. Di situ ada ribuan template untuk segala macam keperluan grafis digital. Bisa upgrade foto dengan filter yang bermacam-macam. Ada template text, icon, shapes, lines, frame, dll. Setelah bisa yang ini, biasanya pengen bisa yang lain, niatnya sih saya mau belajar adobe ilustrator, ngiri sama blogger-blogger yang udah pakai aplikasi itu dan hasilnya bagus-bagus.


3. VIDEO

Yang ini saya baru bisa, gara-gara ada lomba video di salah satu komunitas blogger dan saya penasaran pengen ikutan. Walhasil, buka tutorial sana-sini deh, dan berhasil membuat video dengan tingkat yang paling sederhana. Lumayan... contohnya ada di bawah.


4. ANIMASI

Ini baru wacana dan cita-cita, saya pengen bikin info grafis jadi animasi bergerak di blog. Belum ada waktunya untuk memperdalam, masih jadi next goals. Nggak apa-apa kan, biar telat asal selamat.


Berapa lama sih mengerjakan postingan blog plus aksesorisnya yang segambreng itu? Tergantung juga, kalau blog post biasa, bisa sekali duduk aja. Prosesnya simpel, cuma editing foto aja. Tapi kalau untuk reportase yang ada "penyuluhannya" bisa nambah, maksimal dua hari. Untuk postingan "bernilai" saya menambahkan infografis supaya lebih berbobot kualitas postingannya. Setelah posting biasanya kita harus report sama klien. Nah, biar klien apresiatif sama postingan kita, dibuat istimewa sedikit. Tapi, kalau postingannya udah menyangkut sponsored post dan lomba, ini bisa lebih lama lagi proses penulisannya. Ya, harus ada effort lebih supaya hasilnya mendekati maksimal. Saya menyediakan waktu tiga hari sampai seminggu, untuk menyelesaikan satu postingan.

Durasi pengerjaan blog post itu ada kaitannya dengan hardware yang saya gunakan, sekarang saya pakai notebook ASUS dari generasi lama, ya cukup menguras kesabaran juga nih karena proses pengolahan datanya yang lambat. Kebiasaan saya kalau menulis satu blog post bisa mengakses beberapa website sekaligus untuk referensi, belum lagi multi taskingnya mulai dari editing foto, download, bikin slide untuk video, editing video, ngintip gosip artis Korea *eh*. Heboh kan? nah, yang bikin lama yaitu karena hardware jalannya seperti kura-kura.


ASUS generasi "sepuh" sudah butuh istirahat ... abaikan kopi dan cemilan
*yagitu deh saya kalau lagi kerja*

Makanya saya butuh hardware yang handal performanya, supaya itu tadi, mempersingkat waktu kerja. Yang tadinya nulis blog post sampai semingguan bisa dipersingkat jadi dua hari aja. Memang ada yang bisa seperti itu? Ada dong...

NAKSIR NOTEBOOK BARU

Saya sudah bersahabat mesra dengan notebook ASUS dari tahun 2010-an, jadi udah tahu "kebandelan" produk ini yang bikin saya nggak mau pindah ke lain brand. Beberapa kali sempat ganti type juga, tapi ya masih dengan spesifikasi sederhana yang disesuaikan sama isi dompet.




Tapi sekarang tuntutan pekerjaan di blog udah bukan hanya nulis sama upload foto seadanya lagi. Seperti penuturan saya di atas, otomatis saya butuh perangkat hardware yang handal untuk menunjang produktivitas blogging saya. Dan notebook yang lagi saya taksir itu adalaaah...




BUNGKUS!

Eits, tunggu dulu, selain kriteria-kriteria dalam video itu, masih ada satu kriteria yang bikin hati makin tertambat sama notebook besutan ASUS. Makin ke sini saya makin sadar kalau kondisi Bumi semakin memprihatinkan, saya kepikiran nih untuk ikut mencanangkan Go Green Lifestyle sebagai perwujudan cinta dan turut mendukung usaha pelestarian lingkungan. Dan... ASUS ini adalah industri yang ramah lingkungan dengan menyandang julukan GREEN ASUS. Klop lagi kan kriterianya.




Kurang apalagi ya... ah kalau saya sih udah mantap pilih ASUSPRO P2430 tagline aja udah keren banget: "Intellegence Inside Beauty Outside", nggak tahu deh kalau kamu. Seandainya masih ragu, coba deh telaah spesifikasi lengkapnya berikut ini.


SPESIFIKASI ASUSPRO P2430


Fyuuuh... panjang ya cerita saya kali ini. Walau begitu, semoga tulisan ini bisa menginspirasi blogger emak-emak macam saya ini. Yang tadinya males mengupgrade blog, tapi demi memiliki blog bertrafik bagus ya segala daya upaya pun dilakukan. Rasanya nggak mau kalah deh sama blogger-blogger muda berbakat, bukannya minder malah terpacu pengen terus nambah "kebisaan". 

Cukup sekian dulu ya, cerita di balik dapur blog saya yang menyimpan sejuta kericuhan... lain kali kita sambung lagi obrolannya. Bye now!


Love,






Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan ASUS Indonesia




source:
asus.com/id
youtube.com/user/asus
windowsku.com
blog.anugrahpratama.com
gadgetren.com

47 Comments

  1. Terima kasih sharingnya Mba. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir... ini mbak Belinda kah?

      Hapus
  2. Jd ini toh dapurnya mba ina 😁
    Aku jg sering ngintip2 blog yg bagus2 & merhatiin cara mrk nulis & posting konten buat belajar mba 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah buka-bukaan, blog bayi... maklumin aja ya, iyap bw ke blog2 hits (termasuk sandra buana sari) kan salah satu cabang belajar gratisan :D

      Hapus
  3. Ikut pelatihan berbayar..Aku belum pernah... Selama ini baca2 tips para mastah aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jarang sih, yang biayanya murce-murce aja yang suka ikut hehe... lumayan ada peningkatan ilmu jadinya :D

      Hapus
  4. Keren ih Teeeh. Aku lagi down semangat ngeblognya. udah berminggu-minggu nggak apdet. Baca ini mayab memicu semangat kembali. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lagi semangat2nya maklum masih anak bawang, tapi suka males juga sih... kadang-kadang ngeblog kalau ada kewajiban aja :D yuk atuh semangat lagi, blog lalucu sekarang teh ih

      Hapus
  5. Niat banget ngeblognya, Teeeehhh. Salut euy! Notebooknya juga canggih, kepake banget buat blogger kayak kita. Kirim satu ke rumah saya atuh lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana dong Ulu, sekarang blog jadi salah satu mata pencaharian hahaha... jadi harus update dan upgrade terus :D

      Hapus
  6. ASUS emang keren, mesinya bandel, awet jadinya. Gak ragu deh milih ASUS, kualitasnya nomor 1. Tingkat kerusakanya pun paling kecil di banding produk lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah perasaan kita sama ASUS sama dong :D iya ASUS memang awet

      Hapus
  7. Balasan
    1. iya ya, harganya lumayan tapi susu kan... susuganan ada rejekinya :D

      Hapus
  8. Iyaa... Template penting banget. Saya sendiri kadang suka ganti supaya ga bosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama... tapi tipe gak jauh-jauh dari putih sih kalo aku :D

      Hapus
  9. Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Cha... ah siapa sih nama sebenarnya, salam kenal juga... makasih Cha, oke aku main2 ke sana ya

      Hapus
  10. saya pun lebih nyaman kerja di laptop, teh ina, hehe..gudlak.ya teteh cantik, semoga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya bisa sambil "nangunjar" hehehe... aamiin makasih Ran doanya

      Hapus
  11. Pantes dapurnya mbak ina rapi bangeeeet dan enak dibaca. Ternyata emang jimatnya keren punyaaaa.

    Stay inspiring ya mbaaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Ayaa... makasih Ya, semoga tetep betah ya :D

      Hapus
  12. animasinya lucuuuu. Saya juga kepikiran pengen belajar animasi, tapi maksimalkan belajar nge-vlog dulu, deh. Pengennya sih belajarnya pake ASUS juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ituuu... saya mah nge-vlog belum pede wkwkwk... itu gampil sih ngambil template yang udah ada, kalo ngoprek sendiri juga belum kesampaian.

      Hapus
  13. ish keknya drakor udah selesai ditonton hahaha mba Ina on fire bgt euy keren mba :) moga kita ketemu lg diacara ASUS y aamiin *PD dulu lah* :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... iya ih semoga ya bisa barengan, on fire pisan... sampe korban 3 episode drakor dan kempen susu wkwkwkwk...

      Hapus
  14. Semoga dibungkus beneran ya mak.. aku juga mauuu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... semoga jadi rejeki kita ya :D

      Hapus
  15. Saya belum pernah ikut loma sekalipun...kepengen ikut tapi nggak bisa kalau nggak domisili di Indonesia...jadinya cuma bisa hore hore'in teman2 ajalah...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya... ikutan yang level internasional aja Dewi mah, udah kelas internasional sih :D moga ada kesempatannya ya

      Hapus
  16. referensi nih, nambah ilmu, tengkiu ya mbk udah ngenalin asus dan berbagi resep bikin content yg kece, : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah alhamdulillah kalo postingan ini bermanfaat... makasih udah mampir Inda

      Hapus
  17. konten menarik plus perangkat mutakhir cocok lah melejit

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... dunia blog ini penuh tantangan harus terus improvisasi

      Hapus
  18. Hai Mbak Ina cantik, hehe..hari ini dapurnya masak apa? Jadi bayangin dapur beneran :) Memang mak ya, kalo mau terus upgrade diri, ilmu ga akan pernah habis, tinggal kita mau menggali apa ga.. Sama2 semangat ya mbak :) Aku jg terus upgrade meski sama2 ngos2an nya ma yg lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... ngos-ngosan gak papa lah demi hasi akhir :D mau masak pake minyak goreng sehat, yuk :D

      Hapus
  19. Hrs semangat ya, jgn sampai kalah sm blogger muda :D

    BalasHapus
  20. untuk menghasilkan sebuah postingan, banyak perjuangannya ya mbak :)
    semoga sukses untuk lombanya

    BalasHapus
  21. sama banget mba, kalo ngetik di samping PC ada kopi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsumsi penting ya Kania... qiqiqi... kalo gak sambil ngunyah ide jadi seret :D

      Hapus
  22. Kyaaaa....ASUS bikin pengen ganti laptop. Tetep ya Mbak, content is the king.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaiya... walau leptopnya Mac kalo tulisan kacau ya gudbay... *loh kok jd nyinyir* :D :D

      Hapus
  23. Wah pas banget mbak, kemaren wedding anniversary suamiku kasih ASUS katanya biar istrinya ini semngat belajar dan belajar nulis. Meskipun typenya belum secanggih ASUSpro 2430 ya lumayan lah, ga salah pilih merk berrti. Btw aku suka lho sama videonya mbak. ajarin dong xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul itu nggak salah piih brand sama nggak salah pilih suami... hahah... aduh itu video kasta terendah dari sekian kecanggihan para vlogger, gampang kok bikin slide di power point trus diexport jadi video, pindahin ke aplikasi videopad tambahin musik hihi... aku juga nyoba-nyoba dari tutorial di internet sok geura cari :D

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus