ONE OF MY BUCKET LIST: JALAN-JALAN KE KOREA



Orang bilang sih, kalau menetapkan "Bucket List" itu semacam ambisius. Bucket List biasanya diartikan sebagai list "The things I want to do before I die", semacam itulah. Tapi, apa salahnya punya mimpi? selama nggak merugikan orang lain ya sah-sah aja, kalau menurut hemat saya sih. Namun demikian, manusia kan hanya bisa merencanakan, yang punya kehendak untuk menjadikan ya tetap Yang Mahakaya dan Mahakuasa, ya toh?

Nah, seandainya takdir baik ditetapkan kepada saya punya kesempatan berpergian ke luar negeri (lagi), semoga negara yang dipilihkan untuk saya adalah Korea Selatan. Why?

Sebagai pecinta drama korea, saya seringkali jatuh cinta pada setting tempat yang ada dalam scene-scene drama, terutama scene yang mengambil lokasi syuting outdoor. Saya sering hela napas sendiri, mengkhayal bisa berjalan-jalan di lokasi itu dengan lead actornya *halah*.

Selain drama, saya juga penggemar variety show ala Korea. Yang paling berkesan buat saya program 2 Days 1 Night (2D1N) yang ditayangkan KBS2. Kebanyakan lokasi syuting 2D1N mengambil lokasi outdoor. Dengan tidak mengurangi kecintaan pada alam negeri sendiri, lokasi syuting mereka sering membuat mulut saya bilang "waaaaw...". Jangankan saya, para member 2D1N sendiri sering terkagum-kagum melihat tempat-tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi.


Dan ada satu lagi tempat peristirahatan yang pengeeeeeeen banget saya kunjungi, yaitu villanya G Dragon, leader boyband Big Bang, grup vokal pria yang masih hits dari sejak debut mereka 10 tahun lalu sampai sekarang. Berharap terjadi keajaiban, dapet lotre diundang GD ke vilanya *hahaha*.

Keren yaaa... asyiknya bersantai di situ... tinggal selamanya di situ pun nggak keberatan deh saya ^_^

Kalau pengen semua tempat-tempat cantik di Korea Selatan terkunjungi, nggak akan cukup waktu seminggu, tapi kalau mau lebih dari seminggu... wowow siap-siap aja bawa duit sekarung. Nah, kalau saya ditakdirkan berangkat ke Korea Selatan, untuk tahap pertama jalan-jalannya seputar Seoul aja dulu. Dalam benak saya, sudah ada bayangan konsep yang pengen saya jalani selama traveling di Seoul, yaitu:

1. TRADITIONAL KOREA

Karena saya penggemar drama saeguk alias historical drama, saya pun jadi ikut suka pada hal-hal yang berbau tradisional khas Korea. Segala sesuatu yang menjadi setting di drama saeguk berhasil membuat saya penasaran. Mulai dari kawasan istananya, kehidupan masyarakat Korea pada jaman kerajaan, tari-tariannya, baju khas, ornamen bangunan, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika saya diberi satu hari untuk mengeksplor "Traditional Korea" ini, rencana saya sebagai berikut:

source: english.visitseoul.net

Dalam satu hari saya akan mengeksplor dua kawasan istana yaitu Gyeongbokgung Palace (No. 4 pada peta), sekalian dengan desa tradisionalnya Seochon Hanok Village (No. 13). Apa sih yang asyik di Seochon Hanok Village? begini-begini juga saya penggemar wisata kota tua, Seochon Village ini satu kawasan yang masih melestarikan rumah hanok (rumah khas Korea), dan sebagian besar masih difungsikan sebagai tempat tinggal. Kawasan istana yang kedua yaitu Changdeokgung Palace (No. 6) dan Bukchon Village (No. 14).


Ih sepertinya seru ya, jalan-jalan di desa tradisional itu pakai hanbok. Iya, memang di sana ada beberapa toko kostum yang menyewakan baju hanbok untuk pria dan wanita. Tapi selain cita-cita pakai hanbok yang manis, di kawasan Bukchon ada museum yang saya pengen banget ke sana, gara-gara drama On The Way To The Airport *hahaha... drama lagi urusannya*.

Drama itu berlatar belakang budaya, ibu si tokoh utama pria adalah seniwati yang ahli membuat maedeup, yaitu simpul hias khas Korea. Nama museumnya adalah Dongrim Knot Museum. Aduh kebayang deh lihat-lihat simpul (knot) yang cantik-cantik berwarna-warni, selama ini yang saya tahu cuma simpul pramuka sih 😁.

source : Korean Tourism Organization
Di sekitar kawasan istana dan desa tradisional itu, masih banyak destinasi wisata yang berhubungan dengan sejarah seperti kawasan Jeongdong, kalau masih ada waktunya, nggak akan saya lewatkan untuk menjelajahi kawasan itu sampai ke Ihwa Mural Village dan berakhir mencicipi kuliner di kawasan Jongno. Emmm... asyik banget.

2. WISATA RELIGI

Sudah niat saya kalau berkunjung ke negara yang minoritas muslim, harus sowan ke Masjid Raya di negara tersebut. Kabarnya masjid pertama di Korea Selatan di bangun di Seoul, tepatnya di kawasan Itaewon.

Seoul Central Mosque
source : onesalam.com
Masih dekat dengan kawasan masjid, ada satu jalan bernama Islamic Street, tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan muslim karena banyak restoran yang menyediakan makanan halal. Selain restoran, ada toko-toko yang menjual makanan dan busana muslim lengkap dengan perlengkapan ibadah dan kerudung-kerudung. Kebanyakan yang berjualan di sini kaum pendatang dari Arab dan Pakistan.

Selain kawasan yang bernuansa timur, Itaewon juga terkenal dengan tempa-tempat hangout bernuansa barat yang unik. Tak heran jika Itaewon menjadi salah satu tujuan yang diminati oleh wisatawan asing. Kabarnya halyu star juga gemar hangout di kawasan Itaewon. Semoga pas saya berkunjung ke sana, bisa lihat Jo In Sung lagi duduk-duduk di salah satu cafe 😂.


3. HANGOUT DI HONGDAE

Hongdae ini tempat hangoutnya kaum muda di Seoul, mulai dari siang, sore, sampai malam hari, kawasan ini nggak pernah ada sepinya. Bukan maksud saya mau clubbing ya kalau ke Hongdae *hehe* tapi kawasan kaki lima Hongdae kabarnya menjadi spot menarik untuk wisatawan. Nah, ini memang hobi saya menelusuri jajaran pedagang kaki lima, yaaa... kalau ada yang cocok harganya dibeli, kalau nggak ya cuci mata aja.

Hongdae juga menjadi pusat art performing. Pemusik-pemusik talented di Korea Selatan banyak yang berawal dari jalanan Hongdae ini. Nah, kan asyik sepertinya menikmati kopi atau jajan patbingsu sambil duduk-duduk dekat band yang lagi tampil.


Begitulah kira-kira cita-cita saya kalau takdir menjodohkan saya dengan Korea Selatan. Masalahnya, kalau berkunjung ke negara minoritas muslim itu agak sedikit susah ya, terutama soal makanan dan tempat ibadah, sedangkan saya maunya kalau jalan-jalan itu, dua hal tersebut jangan sampai membebani saya, soalnya kalau saya sampai stress gara-gara dua hal itu, mood jalan-jalan saya bisa rusak dan acara jalan-jalan nggak bakal menyenangkan lagi. Ceritanya, saya pengen pakai konsep wisata halal kalau jalan-jalan ke mancanegara.

Tenang, tinggal searching aja sih di internet. Sekarang udah banyak informasi mengenai restoran halal dan tempat ibadah. Duuuh tapi kan tetep aja saya harus meluangkan waktu khusus buat searching, ngatur-ngatur jadwal, mensinkronkan itinerary sama waktu sholat, bikin list restoran yang menyediakan makanan halal, dan sebagainya. Pengalaman saya, riset itu menguras tenaga dan pikiran, bisa-bisa saya keburu eneg sebelum berangkat. Rusak lagi kan mood jalan-jalan saya.

Untungnya, saya segera mendapat informasi soal wisata halal ini. Seorang teman merekomendasikan Paket Tour Wisata Halal Korea yang diselenggarakan oleh Cheria Holiday. Kenapa harus memilih Cheria Holiday sebagai penyelenggara tour, berikut ini alasannya:

1. Banyak pilihan paket wisatanya

source: cheria-travel.com

2. Fasilitas lengkap dengan harga terjamin murah

Tour 5 hari 4 malam di Seoul mencakup fasilitas sebagai berikut:
  • Tiket penerbangan Garuda Indonesia (economy class)
  • Akomodasi sesuai dengan tempat tujuan wisata (minimal bintang 3)
  • Makan, tour dan transfer sesuai dengan itinerary
  • Tour leader (dari Jakarta)
  • Jakarta airport tax

Yang pasti karena konsepnya "Wisata Halal", saya nggak perlu khawatir soal makanan karena penyelenggara tour akan menjamin restoran yang dikunjungi adalah dalam kategori muslim welcome. Saya tinggal duduk manis dan nyam nyam nyam... bersantap dengan aman dan bahagia. Kemudian masalah waktu sholat sudah pasti ada pengaturannya dan nggak akan bikin galau, jalan-jalan sih boleh-boleh aja yang penting kewajiban jangan sampai ditinggalkan, ya kan?

Sesungguhnya Cheria Holiday menyediakan paket wisata halal untuk wilayah nusantara dan internasional. Berikut ini adalah destinasi wisata halal yang bisa menjadi pilihan:

source : cheria-travel.com
Banyak juga kan pilihannya, bagaimana jika tempat yang kita inginkan belum ada dalam list Cheria? Ah, saya pikir sih Cheria pasti bisa mengakomodasi keinginan kita, tinggal ajukan aja permohonan kita, pengen ke anu... biarkan Cheria Holiday yang mengatur segalanya.

Dan untuk tujuan internasioanl, paket tour/wisata halal yang disediakan, nggak hanya ke Korea saja, masih ada 11 negara lainnya yang menjadi tujuan wisata halal versi Cheria Holiday, yaitu:

source : cheria-travel.com

Di samping dua produk paket tour halal yang mencakup wilayah domestik dan internasional, Cheria Holiday juga memiliki layanan travel untuk ibadah Haji dan Umroh. Dengan demikian sah dong kalau Cheria Holiday ditasbihkan sebagai "Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia".  

Soal kualifikasi pun Cheria Holiday nggak perlu diragukan, untuk masalah tiket domestik maupun internasional, Cheria bernaung di bawah IATA. Sedangkan untuk layanan haji dan umroh, Cheria adalah agen resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta yang sudah mengantongi izin resmi dari Departemen Agama No. 118/2015 dan D/70/2015.

Tunggu apa lagi? Sekarang untuk kita yang muslim, nggak perlu ragu lagi kalau ingin berwisata ke mancanegara yang notabene bukan negara bermayoritas muslim. Ambil aja paket tour halal bersama Cheria Holiday, untuk keterangan lebih lengkap bisa langsung menghubungi kantor pusatnya di:

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

TOUR
021 7900 216 (ext. 105 dan 106)
021 7900 201
021 7900 218
021 7918 2404
0812 9857 0855


EMAIL
info[at]cheria-travel.com

SOSIAL MEDIA
Line: cheria_wisata
Whatspp: 087899641375



Sekian dulu cerita saya tentang salah satu isi bucket list. Nabung... nabung... nabuuuung... dan doakan supaya mimpi saya bisa tercapai ya teman-teman... yuk mari... sampai bertemu di isi bucket list saya yang lain ya.


Love,







Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

13 Comments

  1. Pengalaman aku kalau jalan2 pertama kali ke negara yg bahasanya aneh emang mending ambil paket tour :D apalagi cheria travel punya paket wisata halal.. lebih aman lagi krn ngga perlu bingung nyari makanan halal di korea :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tah gitu, apalagi saya mah gak mau pusing pengennya enjoy aja jalan-jalan :D

      Hapus
  2. asik yuk group KL Stella nabung biar Jalan2 lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. letsgooo... ajukan proposal ke calon mertua teman kita :D *jualan nggak minta fasilitas melulu*

      Hapus
  3. Feb besok aku ke korea :D. Tp tujuan utama sih cm krn mw kulineran aja mbak :p. Abis kayaknya enak2 bgt makanan korea itu apalagi street food nya.. Sumpah ngiler.. Makanya 5 hr di sana kbnyakan ya mau makan2 aja, trs ada sehari mau ngabisin di lotte world :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah asyik banget Fan, jangan lupa cerita-cerita ya pulang dari sana

      Hapus
  4. Mba Ina emang wajib harus ke Korea. Pecinta Drakor garis keras sih. Bihiii

    BalasHapus
  5. Aku juga mau ke Korea hahaha
    Sampe niat ambil les bahasa biar ga nyasar ntar di sana. Btw masjidnya bagus. Aku kalau jalan2 seneng lihat arsitektur rumah ibadah hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruth, yuk baren yuk... ihihi... iya ya enaknya bisa ngerti bahasa sana asyik kayaknya bisa ngobrol terutama nawar kalo beli2 siapa tahu dimurahin :D *dasar mamah mamah yak pikirannya ke nawar aja* :D :D

      Hapus
  6. wah mba, infonya menarik sekali, paling aman deh kalau kita ambil paket tour hallal ya jadi ga pusing lagi mikirin mau makan apa dan dimana di tempat wisata karena Inshaa Allah dijamin hallal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul... saya tipe malesan mikir sih apalagi kalau jalan2 pengennya udah tau beres aja :D *gak cocok bekpekeran blasss* :D

      Hapus
  7. pingin ke korea juga ahhhh .......

    BalasHapus