GAYA BELANJA CASHLESS SOCIETY DENGAN BCA MOBILE

 


Terus terang aja, saya ini penggemar berat drama korea.  Apa yang membuat saya tertarik pada drama korea? Banyak.  Selain jalan ceritanya, aktornya yang ganteng-ganteng *hehe*, tentu kehidupan masyarakatnya, gaya berbusananya, gaya hidupnya, dan yang paling saya suka itu desain interior apartemen-apartemen yang dijadikan setting.  Rata-rata cozy banget.

Jangan heran, hampir di semua drama korea selalu ada adegan orang belanja di toko swalayan kecil.  Saya perhatikan, rata-rata pembeli membayar dengan  menggunakan kartu atau, nah ini, pada waktu itu saya belum tahu soal dompet digital dan QR code.  Jadi saya sungguh penasaran, kenapa ada pembeli yang kalau membayar hanya tinggal menyodorkan ponselnya saja, kemudian selesai.  Menurut saya asyik tuh kalau di Indonesia bisa begitu.

Dan sekarang, saya tidak perlu penasaran lagi dengan cara pembayaran seperti itu.  Sebab, tren ekonomi dengan sistem pembayaran yang menggunakan sistem QR code sudah menjadi hal biasa di Indonesia, khususnya di masyarakat perkotaan.  Bahkan sekarang ada julukan baru: Cashless Society, untuk kelompok masyarakat yang aktif menggunakan sistem pembayaran nontunai ini.

Mungkin saya pun termasuk kelompok tersebut.  Sebab, sekarang saya jarang bersentuhan dengan uang tunai.  Serius.  Paling menyediakan ala kadarnya aja untuk transaksi-transaksi kecil dan langsung di lingkungan rumah, misalnya buat jajan siomay atau tahu bulat *hehe*.

Dulu, setiap keluar rumah, yang saya periksa benar-benar adalah ketersediaan uang cash di dompet.  Sekarang lain lagi, kalau terpaksa harus keluar rumah, yang saya periksa adalah baterai ponsel dan powerbank.  Dua gawai tersebut sangat penting sebagai alat utama dalam urusan bayar membayar.

Sekarang ini, untuk urusan pembayaran, saya cukup mengandalkan aplikasi BCA Mobile.  Karena BCA Mobile sudah dilengkapi dengan fitur QR yang kompatibel dengan QRIS (QR Code Indonesian Standard), QR code yang telah distandarisasi oleh Bank Indonesia.

Bagaimana cara pembayaran dengan menggunakan fitur QR pada BCA Mobile?  Silakan simak informasi berikut ini:

  • Login ke BCA Mobile
  • Cek saldo.  Pastikan saldo di rekening cukup untuk bertransaksi.
  • Klik menu QR.
  • Arahkan kamera untuk scanning QR.
  • Pastikan QR berlogo QRIS dan logo GPN bergambar burung garuda.
  • Isi nominal yang harus dibayar.
  • Konfirmasi ulang pembayaran.
  • Masukkan PIN m-BCA.
  • Transaksi berhasil.
  • Cek histori transaksi di inbox.


Sesimpel itu kan, Gaes. Efektif dan efisien. Tidak salah kalau Bank Indonesia mengusung semangat UNGGUL untuk QRIS ini.  Maksudnya? Simak aja uraian berikut ini.

  • UNIVERSAL : QRIS bisa digunakan untuk transaksi di dalam negeri.
  • GAMPANG: kamu bisa bertransaksi dengan mudah dan aman hanya dengan satu genggaman ponsel, kapan pun dan di mana pun.
  • UNTUNG: efisien hanya dengan satu QR code dan bisa dipakai di semua aplikasi.
  • LANGSUNG: selesai saat itu juga, nggak pakai tunda-tunda.

Setuju kan? Ya, memang sepraktis itu. Jadi, berbahagialah jika kamu sudah menjadi bagian dari Cashless Society. Selain manfaatnya yang memang kerasa banget bikin hidup jadi mudah, gaya hidup juga berasa jadi naik beberapa level, ya nggak sih? Maksimal pokoknya.

Saya pribadi udah nyaman banget menggunakan sistem pembayaran nontunai sebagai pilihan gaya hidup. Kalau kamu gimana?



Love,


0 Comments