BERBURU "SENJATA" NGEBLOG DI HARBOLNAS 12.12 MANFAATKAN #DISKONMENGGUNCANGSEMESTA



Dulu blog saya nggak begini. Template aja bisa berganti-ganti tiap minggu. Penuh pernak-pernik alay dan ya ampuuun... pasang background musik juga 😁. Untunglah saya dipertemukan dengan orang-orang yang membebaskan saya dari kutukan blog alay. Saya pun jadi termotivasi untuk segera memperbaiki blog supaya bisa "naik kasta".

Dari pelatihan-pelatihan blogging, saya mendapat banyak pencerahan soal konten blog.  Bukan hanya cara menulisnya, tapi juga editing foto dan yes saya setuju kalau foto itu menjadi salah satu faktor yang membuat blog jadi keren.  Kenapa?  Foto berfungsi sebagai ilustrasi yang memperkuat tulisan di blog, tetapi bisa juga sebagai dekorasi/pemanis blog. Logikanya, dekorasi atau hiasan kan harus kelihatan bagus, dekorasi yang jelek bukannya menjadi pemanis justru malah jadi mengganggu.

Saya sering ngintip blog-blog yang menjadi favorit saya.  Template yang digunakan stylenya nyaris seragam yaitu simple and clean look, cocok dengan selera saya.  Kemudian yang menonjol tentu saja foto-fotonya, terang dan tajam.  Kalau bahasa Priangannya mah "cekas" alias jernih/bening.

Yang saya tahu, tools wajib blogger itu ada tiga, yaitu komputer/laptop/notebook, smartphone dan kamera.  Koneksi internet juga boleh ding dimasukkan.  Jadi ada empat ya.  Dari keempat tools ini, saya--- ngaku dosa-- masih sayang beli kamera.    

Why? Saya suka mikir gini, saya kan tinggal di "pedalaman" yang nyaris nggak pernah ada event bloggingnya.  Otomatis kalau nyari event ya harus ke Jakarta.  Perjalanan dari Serang ke Jakarta itu lumayan jauh dan melelahkan, jadi untuk menghemat tenaga, sebisa mungkin saya nggak bawa beban yang berat, cukup tas tangan berisi dompet, smartphone, tempat alat tulis dan pouch untuk alat make-up wajib. 

Selain itu kelemahan terbesar saya adalah ceroboh.  Paksu sudah memprediksi kalau nggak hilang karena ketinggalan di suatu tempat, minimal kamera rusak karena jatuh *hehe*.

"Kamera memang mahal, tapi diperlukan, hitung-hitung investasi lah.  Ibarat perang, kalau pengen menang ya harus pakai senjata yang mumpuni dong.  Nah, anggap aja kamera itu salah satu senjata kamu buat ngeblog." 

Itu masukan yang paling saya ingat dari salah satu mentor.  Dan memang saya perhatikan, teman-teman blogger yang punya kamera bagus tayangan foto di blognya seperti yang saya bilang di atas.  Ibarat kasta society, blog dengan foto-foto yang keren itu, levelnya "priyayi" gitu.  Tapi... tetap aja  saya masih kepikiran bawa-bawanya itu lho. Hmm...

"Kalau gitu cari smartphone yang kameranya bagus".  

Begitulah usulan dari suami, ketika saya mengeluhkan soal kamera ini. Bingo! Thanks to my partner atas ide cemerlangnya.  Sebetulnya ini pas juga nih dengan kebutuhan, smartphone yang saya pakai sekarang awal-awal hasil foto kameranya bagus banget, sering disangkain pake DSLR *hahaha* padahal... si Mimi.

Tapi setelah setahun pemakaian mulai deh ketahuan belangnya, performa mulai menurun termasuk hasil foto.  Mengecewakan.  Dan seperti yang punya feeling, eh si Mimi unjuk rasa, dia jatuh dan layarnya retak.  Sungguh dia tak mau dimadu barangkali. 

Garis yang ditunjuk bukan goresan pensil, tapi retakan di layar ponsel saya sekarang

Langsung saya buka website Lazada Indonesia, marketplace favorit setelah saya hiatus shopping-shopping-an di mall.  Apa sebabnya kok hubungan saya nggak harmonis lagi sama mall?  Jujur aja, setelah mengenal toko online, kok jadi merasa sia-sia harus menghabiskan waktu dan tenaga demi beli sepatu sepasang atau baju sehelai dua helai.  

Lain kalau belanja di Lazada, asal timingnya pas milih-milih barang bisa dilakukan dengan santai tanpa gangguan, terutama gangguan penjaga toko yang suka rese nanya yang mana Bunda, suka yang ini barangkali, yang itu jadi diambil Bunda, dan lain-lain.  Saya juga nggak usah capek nenteng-nenteng kantong belanjaan, belanja tinggal klak - klik - transfer terus tunggu deh beberapa hari, barang pun sampai di depan pintu.  Satu lagi yang penting, belanja online nggak harus mandi dulu kan 😀.  Effortless banget dan ini membahagiakan. 

Sekarang ini kalau ke mall tujuannya bukan belanja, paling cuma makan-makan aja. Saya sudah mengurangi window shopping, ngapain capek-capek keliling-keliling, lihat sana lihat sini.  Jalan-jalannya pindah ke Lazada aja, toh berjuta-juta produk tersedia di situ.  Dari barang lima puluh ribuan sampai yang branded juga ada. Komplit.

Biasanya kalau berkunjung ke Lazada yang dilihat nggak jauh-jauh dari urusan perempuan, nyari baju-baju yang unik, sepatu flat favorit dan tote bag.  Sekali-sekali lihat-lihat produk dekorasi rumah dan keperluan anak-anak.  Jadi baru kali ini mau beli ponsel di Lazada, mari melihat-lihat dulu ah...

Wuih, ternyata kategori Handphone & Tablet itu puluhan ribu jumlah produknya. Tapi smartphone dengan kamera bagus rata-rata harganya masih bikin manyun.  Saya mencari pencerahan dengan melakukan survey ke blog-blog tekno yang mereview smartphone dengan kamera bagus, barangkali ada yang mentioned brand smartphone yang harganya bersahabat.  Hidup di jaman now harus pintar-pintar mengatur keuangan, ye kaaan... 😀

Doa saya terkabul, ada beberapa blog yang kompak merekomendasikan satu brand sesuai harapan, yaitu ASUS ZENFONE MAX PRO ZC554KL dengan harga sekitar 3 jutaan.  Langsung saya ketik nama produk itu di kolom pencari dan jeng jeng jeng... inilah dia barangnya.


Spesifikasi ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini klop banget dengan kebutuhan pekerjaan yang sedang saya lakoni. KAMERA dengan resolusi tinggi baik kamera belakang maupun kamera depannya.  Dilengkapi mode editing dan mode pro yang cukup lengkap.  BATERAI  berkapasitas 5000mAh dengan waktu standby bisa sampai seharian (24 jam) dan untuk penggunaan yang berat bertahan dalam waktu 12 jam dengan masih menyisakan "nyawa" 10%.  Cocok, jadi saya bisa mengeliminasi keribetan lainnya, yaitu bawa powerbank.

LAYAR 5.5" penting buat saya yang suka siwer baca tulisan yang dempet-dempet seperti di Twitter. Dengan ukuran layar besar (tapi masih bisa digenggam dengan nyaman) saya bisa ngetwit dengan aman, bahkan bisa ngetik blog post juga. STORAGE internal dengan kapasitas 32GB atau  nett 2.77GB sudah cukup buat saya.  Masih banyak ruang untuk timbunan file aplikasi, foto-foto dan video-video drama/musik K-POP favorit buat hiburan di kala gundah.  Untuk pilihan warna saya sudah lama mengidamkan smartphone hitam lagi karena hitam tidak pernah salah

RAM 3GB dengan OS Android v7.0 mah itu anggap bonus aja.  Semoga performa demikian itu klop juga dengan job ngebuzzer.  Perlu running yang cepat kan kalau sedang live tweet atau insta-story-an di satu event.

image : oketekno.com
Ada tip dari Paksu kalau membeli smartphone di toko online.  Beberapa poin penting yang harus diperhatikan diantaranya adalah GARANSI yang diberikan harus resmi dari distributor dalam waktu minimal 1 tahun.  Status KONDISI BARANG new alias baru, jadi bukan barang refurbish.  Ada jaminan segel masih utuh.  Pilih LOKASI SELLER yang paling dekat dengan tempat tinggal kita.  

Dengan memiliki ASUS Zenfone 4 Max Pro (ZC554KL) ini aja, rasanya senjata saya buat ngeblog sudah cukup mumpuni. Ibaratnya busur sakti, sekali lepas, beberapa anak panah langsung mengenai sasaran.  Pokoknya ASUS Zenfone 4 Max Pro (ZC554KL) fix masuk wishlist saya bulan ini.

Yang bikin tambah happy, harganya di Lazada manis banget, dan harga yang sudah murah begitu masih bisa tambah murah lagi.  Kok bisa? Ya bisa dong, sebentar lagi kan tanggal 12 Desember, nah pada hari itu... hujan rintik-rintik... eh, bukan, tapi pada hari itu bakal terjadi gempa Harbolnas di Lazada. Hujan diskon, Buibu... 

Ah, kalau harga smartphonenya segitu kira-kira dapat diskon lagi sekian... jadi sekian... emmm... *mulai ngitung-ngitung*, berarti harga kamera juga bakal kena banting dong... kalau gitu... *mulai deh modus*.  Ya, nggak ada salahnya kan prepare, di Lazada ada fasilitas wishlist, kamera impian masukin aja dulu ke situ.  Soalnya kalau lagi Harbolnas, diskonnya nggak tanggung-tanggung. Diskon gadget aja bisa sampai 50% dan barang lain sampai 90%, Bo! Ditambah lagi penawaran diskon dari banking partner.  Kalau saya mau memanfaatkan Go Points aja ah, lumayan lho dapat voucher diskon 15% dengan menukarkan 350 pts

Tapi, walau #DiskonMengguncangSemesta gitu, kewarasan harus tetap dijaga, jangan mentang-mentang harga-harga murah terus kalap belanja tanpa tedeng aling-aling.  Seller-seller Lazada  memang terjamin kredibilitasnya, tapi waspada kan nggak ada salahnya.  Gimana caranya menyaring seller-seller yang bisa dipercaya?  Pertama garansi-- sudah disebutkan tadi-- harus resmi dari distributor lokal (kotak biru), kedua rating seller (kotak hijau) cari seller yang rating positifnya tinggi dan lama berjualan di Lazada minimal satu tahun.


Nah... *gosok-gosok telapak tangan* siapa yang udah siap menyerbu Harbolnas 12.12 di Lazada bareng saya? Eish... jangan pada sakit ya, ingat pepatah "Men Sana In Corpore Sano", di dalam tubuh yang sehat ada tenaga besar buat begadang nongkrongin Harbolnas *heuheu*. Yang sudah siap serbu, yuk mulai menghitung hari menuju Harbolnas 12.12 di Lazada, tiga hari lagi lhooo...


Jangan sampai ketinggalan!


Love,



18 Comments

  1. Aku sudah siap2 menuju Halobolnas nih, mba. Banyak banget promo yang menggiurkan euy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa-apa kan ada bonus akhir tahun, abisin ajaaa :D

      Hapus
  2. Aku udah banyak banget nih mbak yang mau dibeli... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap siapin list sampai detik-detik terakhir, kalo ada belum masuk list pas Hari H tancap ajaaa :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. pernah masa lalu yang turun-turun salju itu :D

      Hapus
  4. Siap2 harbolnas nih, bisa laper mata liat diskon

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata suamiku siap-siap cabut wifi kalo gak tahan mata :D

      Hapus
  5. Saya mah siap2 nontonij yg kalap belanja aja ��

    BalasHapus
  6. Aku pake nih mba, ASUS Zenfone 4 Max Pro *shombong hahaha

    BalasHapus
  7. Belanja online, gausah pake mandi wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaaaan... kalo ke mall harus mandi harus dandan repot 😂

      Hapus