REVIEW DAN BLOGTOUR NOVEL PRECIOUS LADY

Baiklah, ini postingan pertama saya sejak libur Lebaran yang (ber) kepanjangan. Lansung... kelas berat junior, hehehe... Review dan GA novel baru karya Mbak Acariba aka Rike Swasono. Monggo disimak...


foto : jepretan pribadi


Judul Buku :  Precious Lady

Penulis :  Acariba

Penerbit :  PT. Elex Media Komputindo

Cetakan :  I / 2015

ISBN : 9786020264004

Jumlah halaman :  vi + 309 halaman


Sinopsis:


Diva Maharani, dokter, 25 tahun, cantik, salah satu pewaris keluarga Widjaya yang kaya raya. Sering menjadi korban ambisi papanya yang hobi menjodohkan dirinya dengan pria-pria yang dinilai pantas untuk bersanding dengan dirinya. Sayangnya, pria-pria itu selalu mendapat penolakan Diva. Dia merasa kalau pria-pria itu tidak benar-benar mencintainya, melainkan hanya mengincar kedudukan di perusahaan milik keluarga Widjaya. Diva juga takut mereka tidak bisa menerima dirinya apa adanya.

Diva memang cantik dan terkesan berpenampilan modis, tetapi memiliki karakter tersembunyi yang menakutkan. Sampai-sampai dia sendiri menasbihkan ada siluman gorila yang bersemayam di dalam tubuhnya. Apa pasal? Sebab Diva tak segan-segan menghajar siapa saja yang membuatnya marah atau mengganggu orang terdekatnya sampai babak belur. Terutama laki-laki kurang ajar yang suka melecehkan wanita.

Kemudian seorang Bima datang dalam kehidupannya.  Diva pun jatuh cinta, dan sempat galau ketika tahu kalau Bima adalah salah satu pria yang dijodohkan dengannya. Namun, Bima berhasil membuktikan kesungguhan cintanya. Kendala baru muncul dari Ino, bocah lelaki tampan berusia 17 tahun, masih SMA.  Ino terang-terangan mengungkapkan perasaan cintanya pada Diva. Bocah tanggung itu tergila-gila padanya. Dokter cantik itu sukses dibuat galau. Untunglah ada Meta, sahabat Diva, yang bisa meyakinkan Diva kepada siapa cinta sejatinya harus berlabuh.


Perjalanan cinta Diva dan Bima masih panjang dan berliku-liku, tapi nggak seru dong kalau semua diobral di sini. Nah, sekarang… mari kita mulai ulasannya.

Novel ini menarik.  Walau tema cerita sudah biasa: tokoh utama yang to good to be true (meminjam istilah Efi Fitriyyah) galau akibat diperebutkan oleh dua cowok ganteng. Uniknya, penulis memberi “cela” tokoh Diva ini dengan sifat ganas. Jadi nggak tampak sempurna banget. Tapi keganasan si Diva—sampai berjuluk Siluman Gorila, Tarzan Venus, Xena--ini apa nggak terlalu berlebihan ya, kalau sampai bikin orang yang dihajarnya masuk IGD plus satpam-satpam di rumah sakit aja sampai takut melerai. Agak ngeri saya.

Anyway, cara bertutur penulis buat saya cukup asyik sehingga bikin saya betah baca sampai akhir. Novel ini (menurut saya) termasuk ke dalam genre komedi romantis. Selera humor yang tersampaikan lewat dialog atau penggambaran adegan cenderung sarkastik. Tapi saya suka ah karena jatuhnya nggak garing. 

Kemudian yang saya suka, bumbu dari Penulis untuk karakter Diva yang dibuat nggak jaim, lewat deskripsi khayalan-khayalan Diva yang berkategori “otak mesum” tapi nggak berkesan vulgar. Wajar dan biasa lah kayak gitu. Saya juga suka gitu kok… duluuuu… waktu masih umuran 25 tahun lah *ngakak*

Tapi sebelnya… kenapa clue pentingnya udah dibocorin di blurb sih ah. Kenapa udah dikasih tahu kalau Ino itu titik-titiknya Bima *biar yang belum baca penasaran*. Nggak surprise dong. Saya sedikit kecewa deh. Dan sebenarnya udah bisa nebak-nebak jalan ceritanya. Untungnya itu tadi, cara bertuturnya ringan, santai, dan ada unsur sarkasmenya. Pas lah dengan selera humor saya. Nggak sampe bikin ngakak tapi terasa lucunya.

Oke, karakter-karakternya pas buat novel komedi romantis macam ini. Tokoh si Papa itu kocak deh, jadi kebiasaan saya justru tokoh samping yang dijadiin favorit.  Tapi kalau ada tokoh samping yang berhasil saya favoritkan, artinya novel ini berhasil menarik minat saya *siapa elu, sih, Bu?*  Tokoh Meta juga seru tuh tapi kengocolannya kurang digali lagi sedikit.

Bima dan Ino juga pas penokohannya. Bima yang kalem, dewasa, dan sering merasa gemas pada tingkah dan ucapan Diva, jadi berasa mencintai Divanya (bagi Bima dong satu). Ino yang labil antara masih ada sifat kekanakan dan pengen kelihatan dewasa, juga oke.

Di samping itu, Penulis juga nggak nafsu mengumbar informasi karakter-karakternya di awal novel. Sebaliknya, disebar merata sampai mendekati akhir. Terbukti  pertanyaan-pertanyaan saya di awal lambat laun terjawab juga mendekati bab-bab akhir.  

PR lain ada di masalah editing, tapi secara keseluruhan novel ini cukup asyik dijadikan teman santai selonjoran di sofa sambil minum kopi. Dan menurut saya novel ini filmis lho. Tampaknya asyik kalau dijadikan film :D


GIVE AWAY

Nah, abis baca ulasan saya yang panjang itu… tambah penasaran kan pengen baca novelnya? Mbak Acariba, sang Penulis, bermurah hati memberikan satu novel gratis (bertanda tangan gak ya? lupa nanya) untuk kamu yang paling asyik menjawab pertanyaan ini:

“Cintaku tidak sesederhana bagaimana aku memintamu menjadi pendampingku. Cintaku jauh lebih besar, lebih kompleks dan lebih posesif kepadamu. Cintaku mengharapkan lebih atas dirimu, walau juga penuh ketakutan untuk kehilanganmu.”

Itulah kata-kata romantis Bima ketika melamar Diva. Dahsyat ya. Nah, coba… kalimat romantis seperti apa yang kamu harapkan dari seseorang yang melamarmu (buat peserta cewek), atau kepada seseorang yang akan kamu lamar (buat peserta cowok).

Tulis jawaban kamu di komentar blog ini dan ikuti aturan mainnya:

  1. Share link blog ini di akun twitter kamu dengan mention @inongina, atau di akun FB kamu dengan tag ke saya (Ina Inong), gunakan hashtag #PreciousLadyBlogTour.
  2. Follow akun twitter @inongina @elexmedia dan @ReTuRike.
  3. Follow blog ini juga ya... hehehe.
  4. Blogtour ini akan berlangsung dari tanggal 2-8 Agustus 2015. Jawaban terpilih akan mendapatkan satu eksemplar novel Precious Lady.
  5. Nama pemenang akan dimumkan di akun twitter @inongina pada tanggal 9 Agustus 2015.
  6. Jika ada trouble di kolom komentar segera inbox ya di FB. TROUBLE, bukan nanya-nanya soal pertanyaannya ya.

Okesip... selamat ber-GA... Good Luck! 

                                                                                             


33 Comments

  1. Naning Pratiwi @chelseas_lovers

    Kalimat romantis seperti apa yang kamu harapkan dari seseorang yang melamarmu??
    Buat para cewek pada umumnya pasti sungguh menyukai tipe tipe cowok romantis dalam standard kriterianya. Well, berhubung terkadang cewek mudah sekali mempercayai apa yang didengarnya. Jadi, banyak hal-hal gombal yang bisa jadi ia interpretasikan sebagai kata 'romantis'. Hehehehe...
    Tapi,, karena aku tidak terlalu menyukai tipikal cowok romantis (karena aku malah terlanjur illfeel kalau kenal cowok dengan kesan romantis di awal. Heheheh... ), jadinya Aku tidak pernah mengharapkan hal-hal romantis darinya. Karena kata-kata hanya kata-kata belaka, nggak lebih. Iya kan???
    Nah, aku lebih suka dia menunjukkan keseriusan, tanpa harus menggombal ngalor ngidul nggak jelas. Itu lebih keren, lebih romantis dari berton-ton gula sekalipun.
    Tapi, untuk urusan melamar kan, selalu ada ucapan kan??
    Mungkin,,
    "Will you be my last love??"
    Udah. Itu cukup. Menurutku. Hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil menatap dalam dan menggenggam tangan kita... ah itu romantis banget...

      Hapus
    2. Bisa-bisa.. Ujung - ujungnya sampe lupa mau ngejawab iya.. Ehhhh.. :D

      Hapus
  2. Deasy Arie Rosalina - deena.rosalina@gmail.com - @DEENAmond

    Kalimat romantis yang aku harapkan dari seseorang yang melamarku...
    "Aku berterima kasih pada Tuhan, yang telah mempertemukanku dengan wanita istimewa sepertimu... menikah denganku?"
    Cheesy, I know... tapi rasanya tergetar deh hati ini kalau ada yang melamar dengan kalimat itu.

    BalasHapus
  3. Apa, ya?
    Aku nggak kepikiran kalimat-kalimat romantis. Cukup kalimat, "Pak, saya mau melamar anak Bapak." yang diucapkan dengan tegas aja udah bikin hati lompat-lompat.Itu artinya dia punya nyali, bukan sekadar kata-kata. Dan aku nggak perlu jelasin ke ortu bahwa aku mau nikah karena udah ada dia yang jelasin. Tapi pasti ada pertanyaan kenapa mau sama aku. Selama jawabannya dapat dipertanggungjawabkan, itu akan menjadi kalimat romantis. Aku nggak akan ngasih tau jawaban yang dapat dipertanggunjawabkan itu kayak gimana, ntar cowok-cowok pada niru. #plak #kepedean

    Afifah Mazaya - @FifNoor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah penasaraaan... gak apa2 dong dikasih tahu, banyak lho cowok2 yg malah bingung kalo ditanya "kenapa mau sama aku?" atau "kenapa pilih saya?" hehehe...

      Hapus
    2. biarlah misteri menjadi misteri. :P
      oh iya, username twitterku ganti jadi @afifahmazaya, mbak.

      Hapus
    3. Oke jgn lupa follow @inongina ya

      Hapus
  4. "Dengan kehendak Tuhan, aku menyayangimu, dengan setulus hatiku. Biarlah, haya dirimu yang Tuhan kehendaki bagiku, selamanya"

    Twitter : @_loisninawati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahsyaaat...
      jangan lupa follow @inongina ya

      Hapus
  5. Twitter : @yutakaNoYuki

    Deuhhh, kalimat romantis apa ya ?? Sebenarnya lebih mengharap perlakuan yang romantis sih ketimbang kata-kata :D
    Tapi mungkin kalau kata-kata seperti "Aku ingin setiap bangun di pagi hari yang pertama kali terlihat adalah riang wajahmu dan ketika di malam hari ada senyummu yang menghapus lelah dan menghantar tidurku, selamanya, bahkan sampai kita bertemu lagi disurga nanti"
    Weww, aku bakal klepek-klepek dan langsung iya aja diajakin ke KUA, hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowowow... saya juga bakal klepek2 kalau dibilang gitu mah

      jangan lupa follow juga daku @inongina

      Hapus
  6. Sebelumnya nggak pernah kepikiran, kalimat apa yang aku harapkan dari laki-laki yang mau melamarku. Karena aku tipe perempuan yang pendiam didepan tp dibelakang...seperti diva deh hehe. Aku lebih suka yang "Talk Less Do More", jadi kalo sudah bener-bener yakin mau melamar, datang aja langsung ke rumah, bilang sama orang tua aku. Karena aku anak pertama, perempuan lagi pastinya ya begitulah.....
    Aku berharap si laki-laki itu penghafal Al-Qur'an, itu dah jadi keinginan aku dari dulu, punya pendamping hidup yang bisa hafal juz amma / Al-Qur'an. ;D

    Tapi, ada sih kalimat yang ingin aku dengar dari laki-laki itu...
    "Kau tahu, dulu aku tidak tahu dengan siapa yang aku inginkan untuk menghabiskan waktu hidupku. Tapi, sekarang tahu persis siapa yang aku inginkan......
    Aku ingin bersamamu. Sekarang dan selamanya, sampai aku meninggal dunia."
    Langsung deh muka merah kayak kepiting rebus... >///<

    Twitter : @Nadia48nafla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya udah kejadian ya... kalo iyaa... selamat ya.

      Hapus
    2. ya ampun mbak, aku masih kuliah hehe, umur 20 aja belum :)

      Hapus
    3. Oow... tapi kudoakan semoga jadi nyata harapanya.. aamiin

      Hapus
  7. Twitter: @AltGST

    "Jangan tanyakan mengapa aku mencintaimu, karena aku tidak punya alasan untuk itu. Aku tidak seperti lelaki pada umumnya yang bisa menggoda wanita dengan 1001 alasan maut demi memperjelas mengapa ia ingin bersama sang wanita. Aku hanya lelaki biasa jika kau membandingkanku dengan mereka, cuz when i love someone, i love someone.
    And, let me be your forever couple."

    BalasHapus
  8. Bukan kalimat lamarannya yang bikin saya serasa terbang ke langit ke-7, soalnya saya lebih suka orang yang to the point aja, tapi kalo mau dimanis-manisin juga nggak apa-apa sih. Haha.
    Sebenarnya jawaban dari dia setelah ditanya balik oleh bapak saya yang lebih intens buat saya. Misalnya gini, dia udah ngadep ke bapak saya mau ngelamar saya, si bapak pasti bakal nanya-nanya dong embel-embel tentang dirinya. Kemudian salah satunya ditanya,

    "Memangnya kamu sudah punya apa sampai berani melamar anak saya?"

    Lalu dia jawab...

    "Saya selalu melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat sebelum shubuh yang kata Rasulullah SAW itu lebih baik daripada seisi dunia. Insya Allah."

    Eeeaaakkk.... *pingsan*

    ###

    Aya Murning - @murniaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw... Subhanalloh... beruntung banget mendapatkan lelaki sholeh

      Hapus
  9. "aku ingin membagi hidupku bersamamu. jangan tanya sampai kapan. aku tidak tahu. tapi, aku berharap kebersamaan itu tetap ada sampai kita tak lagi bisa berjalan tegap, mata tak bisa melihat sejelas yang kita mau, kulit mengeriput tanpa bisa kita cegah. ya, aku ingin bersamamu selama itu. aku tahu kamu penakut, karena itu kamu bisa terus menggenggam tanganku selama mungkin. ketika hatimu sedang sedih, kamu juga bisa bersandar padaku. aku akan selalu menemanimu. dunia kadang tidak adil. tapi, kamu tak perlu khawatir. ada aku di sampingmu. seperti itulah caraku mencintaimu. dengan menjadikanmu sebagai istriku."

    #halaaahh xDD

    twitter: @dust_pain

    BalasHapus
  10. "Cinta? Aku mungkin tidak bisa memberikan definisi yang indah tentang cinta. Akan tetapi, aku bisa memberikan kisah yang indah jika kamu bersedia menjadi orang yang aku cintai. Aku suka sama kamu tulus dan tanpa syarat. Aku menyukai kelebihanmu dan aku akan mengimbanginya dengan menghargai setiap kekurangan kamu. Manusia tidak ada yang sempurna. Aku mungkin punya lebih banyak kekurangan dibandingkan kamu. Dengan begitu, kita bisa saling melengkapi. Semoga cinta kita abadi. Selamanya. Then, Can I just say something crazy? Will you marry me?"

    Twitter: @nisawidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes Yes Yes... sambil berkaca-kaca... duh...

      Hapus
  11. Twitter: @ayuniadesty
    FB: Ayuni Adesty

    Maunya sih dikasih tulisan di secarik kertas dari potongana liriknya Pilihanku - Maliq & D' Essentials. Atau kalau bias gitar dan nyanyi pasti akan lebih meleleh kalau dia life nanyiin lagsung lagu ini.


    Maukah kau tuk menjadi pilihanku
    Menjadi yang terakhir dalam hidupku
    Maukah kau tuk menjadi yang pertama
    Yang slalu ada di saat pagi ku membuka mata

    Jadilah yang terakhir
    Tuk jadi yang pertama
    Tuk jadi selamanya

    LINK SHARE
    FB: https://www.facebook.com/ayuni.adesty/posts/792584657526314?pnref=story
    Twitter: https://twitter.com/ayuniadesty/status/629126259050569729

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh God... degdegan pasti ini... udah kebayang deh adegannya

      Hapus
  12. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia


    "Aku bersyukur pada Allah yang telah menemukanmu dalam istikharahku. Ikutlah bersamaku menuju surganya. Dan izinkanlah aku membangun istana untuk malaikat kecil kita"

    "Mendekatlah, Ukhti!!"
    Dan lelaki itu berbisik, "Janganlah kau biarkan aku menduakan Tuhanku"

    BalasHapus
  13. Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo

    Tidak ada wanita di dunia ini yang mampu membuatku bahagia setiap harinya kecuali dirimu. Aku ingin kita berdua menjadi satu bagian. Maukah kau menerimaku sebagai pasangan hidupmu untuk selama-lamanya?

    BalasHapus
  14. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela

    Ada satu kalimat yang sampai sekarang aku ingat terus dalam sebuah drama korea yang aku tonton, dan menurutku kalimat itu sangat romantis sekali. Sangat berharap bahwa ketika aku dilamar nanti, ia akan mengucapkan kalimat tersebut.^^
    Kalimat itu adalah :
    Banyak orang mengatakan bahwa selalu ada seseorang...yang membuat diri kita merasa tidak bisa hidup tanpa orang tersebut. Bagiku orang itu adalah dirimu.
    Aku ingin selalu bersamamu.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus